Friday 19 April 2013

Karya Ilmiah
MANUSIA DENGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Karya tulis Ilmiah
MANUSIA DENGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI


Oleh :
DINA FADHILLAH
111402025



PENGANTAR PSIKOLOGI UMUM
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
2013

-----------------------------------------------------------------------------------------------

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nyalah penulis dapat menyelesaikan tugas ini tepat pada waktunya.
Adapun judul dari tugas ini adalah “MANUSIA DENGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI” yang merupakan salah satu tugas mata kuliah Pengantar Psikologi Umum di Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara.
Pada kesempatan ini, penulis mengucapkan terimakasih kepada Ibu Fillia Dina Anggraini selaku dosen pengajar mata kuliah Pengantar Psikologi Umum. Juga kepada Orang Tua serta seseorang  dan teman-teman yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan tugas dan memberikan motivasi semangat sehingga penulis semakin giat menyelesaikan tugas ini.
Penulis menyadari bahwa tugas ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan tugas ini.
Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih. Semoga tugas ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.
                  


   Medan,  April 2013


                                                                     Penulis

-----------------------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR ISI

DAFTAR ISI

Kata Pengantar

Daftar Isi

Bab 1 Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
1.2  Perumusan Masalah
1.3  Tujuan Penulisan
1.4 Kegunaan Penulisan

Bab 2 Pembahasan
2.1. pengertian Teknologi Komunikasi
2.2. Jenis Media Teknologi Komunikasi
2.3.Manusia Terhadap Perkembangan Teknologi Komunikasi
2.4. Dampak Teknologi Komunikasi bagi manusia

Bab 3 Penutup
3.1  Kesimpulan
3.2  Saran
Daftar Pustaka



-----------------------------------------------------------------------------------------------
BAB 1
PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG

Manusia merupakan mahkluk sosial, dimana manusia itu membutuhkan orang lain untuk hidupnya. Bagaimana manusia itu juga membutuhkan komunikasi diantara sesamanya dan hal tersebut merupakan hal yang paling mendasar mengenai bagaimana manusia itu berinteraksi terhadap lingkungannya.
Atas dasar kebutuhan tersebut, setiap manusia berupaya menciptakan sesuatu atau mencari sesuatu guna memenuhi kebutuhan tersebut.  Sejarah perkembangan Teknologi Komunikasi telah mengalami banyak perkembangan dengan cepat dari masa ke masa secara cepat. Diawali dari zaman pra-sejarah sampai zaman modern. Dari era komunikasi tulisan yang dimulai tahun 4000 SM , era komunikasi cetak yang dimulai tahun 1456, era telekomunikasi yang dimulai tahun 1844 ,era komunikasi interaktif yang dimulai tahun 1946. Perkembangan zaman juga membuat kecanggihan teknologi semakin canggih sehingga untuk berkomunikasi, Informasi yang dikekola dan disampaikan juga terus dikembangkan, dari informasi yang sederhana seperti sekedar menggambarkan suatu keadaan, sampai pada menjadi suatu informasi yang bisa di dapat .         
Teknologi komunikasi memang selalu berkembang. Namun kita tidak boleh “dimainkan” oleh teknologi tersebut. Sebaliknya, kita lah yang harus menggunakan atau mengendalikan berbagai penemuan teknologi tersebut untuk mengakomodir kebutuhan kita sehari-hari.


1.2. Perumusan Masalah
·         apa itu teknologi komunikasi?
·         Media apa saja yang termasuk media teknologi komunikasi?
·         Bagaimana Pengaruh Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Manusia ?
·         Bagaimana dampak dari perkembangan teknologi tersebut ?


1.3. Tujuan Penulisan
Menganalisis dan mengetahui hubungan Psikologi manusia dengan perkembangan teknologi informasi komunikasi.

1.4. Kegunaan Penulisan
·         Sebagai pemenuhan tugas individu pada mata kuliah pengantar psikologi umum.
·         mengetahui perkembangan teknologi komunikasi
·         sebagai pembelajaran yang menjadikannya suatu pengetahuan baru


-----------------------------------------------------------------------------------------------

BAB 2
PEMBAHASAN


2.1. Pengertian Teknologi Komunikasi
Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya.
     Yang mendasari sesuatu hal dapat digolongkan kedalam
teknologi komunikasi adalah :
  •          Teknologi komunikasi dapat di implementasikan dalam suatu alat
  •     Teknologi komunikasi dilahirkan oleh sebuah struktur sosial,ekonomi dan politik
  •     Teknologi komunikasi membawa nilai yang berasal dari struktur ekonomi , sosial    dan politik tertentu
  •      Teknologi komunikasi meningkatkan kemampuan indera manusia terutama kemampuan mendengar dan melihat.


    
PERBEDAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI
  1. Teknologi informasi lebih ditekankan pada hasil data yang diperoleh sedangkan pada teknologi komunikasi ditekankan pada bagaimana suatu hasil data dapat disalurkan, disebarkan dan disampaikan ke tempat tujuan.
  2. Teknologi informasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan komputer dengan piranti pendukungnya serta perkembangan teknologi komunikasi yang ada.
  3. Teknologi komunikasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan sistem modulasi, sehingga suatu informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat. 


  
2.2. Jenis Media Teknologi Komunikasi  

  •     Mikrokomputer
Unit yang berdiri sendiri, biasanya dengan ketentuan untuk memuat perangkat lunak individual dan kadang-kadang dihubungkan dengan mikrokomputer lain dalam jaringan. Unit pusat pengolahan mikrokomputer yang membaca dan mengeksekusi instruksi program adalah berupa sebuah chip semikonduktor tunggal. 

  •     Telekonferensi
Pertemuan kelompok kecil yang dimiliki oleh komunikasi elektronik interaktif antara tiga orang atau lebih dalam dua atau lebih lokasi yang terpisah. Tiga jenis utama telekonferensing adalah video telekonferensi, telekonferensi audio, dan telekonferensi computer.

  •     Teleteks
Layanan informasi interaktif yang memungkinkan individu untuk meminta frame informasi untuk melihat pada layar televise rumah.

  •     Videotext
Layanan informasi interaktif yang memungkinkan individu untuk meminta frames informasi dari sebuah computer pusat untuk melihat pada layar tampilan video .

  •     Komunikasi Satelit
Komunikasi satelit terdiri dari pesan telepon, siaran televisi dan pesan lain dari suatu tempat di permukaan lain. Satelit ini biasanya diletakan di stationer atau di sekitar khatulistiwa sekita 22.300 mil dari permukaan bumi. Pada dasarnya, transmisi satelit televise, telepon dan informasi lain menghilangkan pengaruh jarak pada biaya komunikasi.



2.3. Manusia  terhadap Perkembangan Teknologi Komunikasi

Manusia menjadi pemeran dalam penggunaan teknologi masa kini. Teknologi yang ada dapat mempengaruhi perubahan sikap di diri  manusia itu sendiri. Dalam hal ini lebih berpengaruh terhadap psikologi manusia itu sendiri. Pengertian psikologi itu ialah ilmu yang mempelajari tentang perilaku  dan tingkah laku manusia.
Pemanfaatan teknologi pada masa ini sudah menjadi bagian sehari-hari tidak bisa dipisahkan. Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi dari manual hingga berketergantungan dengan menggunakan teknologi. Dari perkembangan itupula secara sadar atau tidak perilaku dari manusia yang memanfaatkan teknologi aka nada yang berubah. Apakah adanya perkembangan teknologi komunikasi yang pesat membuat prilaku manusia menjadi lebih baik ?
Di satu sisi, Penciptaan sesuatu yang baru tersebut membuat perkembangan dunia IPTEK yang mengagumkan telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Di mulai dari Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Kemajuan IPTEK tersebut memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun, disisi lain perkembangan tersebut membawa dampak negatif bagi manusia itu sendiri.


2.4. Dampak Teknologi Komunikasi bagi Manusia

Dampak adalah pengaruh yang ditimbulkan oleh sesuatu . Jadi dampak teknologi adalah pengaruh terhadap suatu teknologi, bisa akibat baik bisa juga akibat buruk dalam kehidupan manusia.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.
Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam sekarang. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Dampak Postitif dan Negatif dari perkembangan teknologi informasi komunikasi itu terbagi dalam beberapa bidang , diantaranya :


     Bidang Informasi dan komunikasi
Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnya antara lain:
  • pencaharian mengenai sesuatu informasi yang akurat dan terbaru bisa di dapatkan secara cepa, melalui internet misalnya.
  • Tidak memandang jarak yang berjauahan, komunikasi masih bisa dilakukan dengan telephon seluler.
  •  Layanan Bank pun sudah ada yang bersifat online, dll



Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:
  •  Menjadi Kecanduan untuk terus berteknologi sampai kapan waktunya untuk istirahatpun lupa.
  • Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu
  • Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)





   Bidang Ekonomi dan Industri
Dalam bidang ekonomi, teknologi inforamasi dan komunikasi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
  •   Tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan untuk membuka usahanya sendiri.
  •   Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi dengan melakukan bisnis melalui online
  •   Produktifitas dunia industri semakin meningkat. 


Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.
Meskipun demikian ada pula dampak negatifnya antara lain;
  • Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
  • Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan.  



   Bidang Sosial dan Budaya
Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat
  • Adanya rasa untuk meningkatkan pengethuan mengenai pembelajaran mengenai teknologi, sehingga masing-masing orang berlomba-lomba untuk menunjukkan kualitas yang dimilikinya.
  • Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.


Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatip pada aspek budaya:
  • Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. 
  • Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat. Remaja sering melupakan kewajiban pokoknya sebagai pelajar.
  • Pola interaksi antar manusia yang berubah Kehadiran teknologi komunikasi pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Teknologi tersebut  membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri.
  • kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.




    Bidang Pendidikan
Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:  
  • Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
  •  Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
  • Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka
  • Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan antara lain:
  • Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.
  • Membuat menjadi malasnya seorang mahasiswa / pelajar untuk membaca buku  dikarenakan sudah ada ketersediaan di internet.

-----------------------------------------------------------------------------------------------

BAB 3
Kesimpulan dan Saran

3.1. Kesimpulan
o   Manusia sebagai mahluk sosial, membutuhkan komunikasi diantara sesamanya dan itu merupakan kebutuhan yang utama agar dapat melakukan interaksi dengan baik.
o   Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan salah satu terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.
o   Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku  dan tingkah laku manusia.
o   Dampak positif dan negatif teknologi terhadap psikologi manusia meliputi berbagai bidang kehidupan; yaitu Bidang Informasi dan komunikasi, Bidang Ekonomi dan Industri, Bidang Sosial dan Budaya, Bidang Pendidikan, dan Bidang politik.

3.2. Saran
o   Manusia harus pintar-pintar dalam mengikuti perkembangan teknologi.
o   Peran orangtua diharap dapat membimbing anak-anaknya dalam memilah teknologi yang baiknya diikuti.
o   Orangtua diharapkan memantau anaknya dalam mengikuti perkembangan teknologi seperti misalnya membuat akun pada jejaring sosial.
o   Lingkungan keluarga dan sekitar yang baik akan mempengaruhi perilaku manusia disekitarnya.



 -----------------------------------------------------------------------------------------------

DAFTAR PUSTAKA

Dampak Psikologi Terhadap Teknologi Internet.http://google.com. Diakses tanggal 13 April 2013

…. Ilmu Teknologi Dampak Positif dan Negatif Teknologi Bagi Psikologi. http://kelompok1amansy.blogspot.com. Diakses tanggal 10 April 2013
… Teknologi _Informasi_komunikasi. http://en.wikipedia.org. Diakses pada tanggal 13 April 2013

….Perkembangan Teknologi dari Zaman pra Sejarah hingga sekarang. Diakses tanggal 10 April 2013

Pengertian_teknologi_komunikasi. http://opr3kkomd4.wordpress.com. Diakses 18 april 2013
Teknologi_komunikasi_baru. http://id.wikipedia.org. Diakses tanggal 18 April 2013

sejarah-perkembangan-teknologi-komunikasi-dari-zaman-praaksara-hingga-zaman-internet. http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/dmnm/235- . Diakses 18 April 2013.

-----------------------------------------------------------------------------------------------


0 comments:

Post a Comment