Friday 22 March 2013

BELAJAR LATENT

Judul Kata Kunci                          : Belajar Laten
Urutan Kelompok                         : Kelompok 9
Nama Anggota Kelompok         : 
                                                            Trian Saputra           - 111402019
                                                            Dina fadhillah           - 111402025
                                                            Herimelda Hutagaol - 111402037
                                                            Bernike Purba         - 111402059
                                                            Erick Fernandes      - 111402099


Hasil Diskusi                               :



Edward Chance Tolman  atau yang biasa dikenal dengan nama Tolman (1886-1959) lahir di Newton, Massachusetts. Ia memperoleh gelar Master of Art (1912) dan doktornya di Universitas Harvard pada bidang psikologi. Lalu ia mengajar di Universitas Northwestern (1915-1918). Ia adalah seorang behavioris secara metodologi dan teoris kognitif dalam hal metafisik. Dengan kata lain, ia belajar behavior untuk menentukan proses kognitif. Dan  ia merupakan penengah bagi para behavioris S-R dengan para psikolog yang memandang belajar sebagai proses kognitif.

Menurut Tolman, belajar adalah mengenal tentang situasi. Seseorang  belajar tentang sesuatu yang ada di sekitarnya, jika ia berbalik ke kiri, ia akan menemukan sesuatu. Jika ia berbalik ke kanan, ia temukan juga sesuatu yang lain. Hal ini terjadi secara berangsur-angsur, sehingga ia dapat membuat kesimpulan sendiri. Dengan demikian, menurut Tolman, belajar itu akan sia-sia jika hanya dihafal.
Ada 5 jenis teori belajar Tolman. Yaitu : approach learning, escape learning, avoidance learning,  choice-point  learning,  dan  latent  learning. Teori belajar Tolman dapat juga dikatakan sebagai campuran antara Teori Gestalt dan Behaviorisme. 
Pada Bahasan Kali ini Kami dari kelompok 9 akan membahas mengenai Belajar Laten. Belajar Latent (latent learning) merupakan cara belajar/ metode belajar yang tidak diterjemahkan kedalam performa atau kinerja kerja. Melainkan Hasil dari proses pembelajaran tetap disimpan dalam jangka waktu yang lama sebelum ia memunculkan dalam bentuk prilaku yang bertujuan purposive Behaviour.

Contoh yang berhubungan dengan mahasiswa TI :
Seorang mahasiswa yang masih menduduki semester 4 sudah mendapat bayangan untuk mengerjakan tugas akhirnya. Namun dikarenakan ilmunya belum mencukupi, ilmu atau bekal belajar yang sudah didapatnya hingga semester 4 ini akan disimpannya dalam waktu lama sampai bekal pembelajarannya mecukupi dan ia bisa mengerjakan tugas akhirnya . sehingga untuk membuat suatu system nanti sistemnya itu tidak terdapat error atau bisa berguna bagi orang banyak.


Sumber referensi                            :
      Ø  casturi
      Ø  niclogylearning
      Ø  document

Testimoni Secara Keseluruhan  :
Sesuai keterangan diatas, bahawa belajar latent merupakan cara belajar/ metode belajar yang tidak diterjemahkan kedalam performa atau kinerja kerja. Melainkan Hasil dari proses pembelajaran tetap disimpan dalam jangka waktu yang lama sebelum ia memunculkan dalam bentuk prilaku
Dari penjelasan tersbut  saya mengambil kesimpulan bahwa belajar latent merupakan metode belajar yang menjadi suatu planning dalam mengerjakan sesuatu .  sesuatu  tersebut yang sudah terpikir  untuk dikerjakan namun belum bisa di aplikasikan secara langsung . Tidak langsung di aplikasikan dikarenakan masih banyak yang harus dipelajari dalam mengaplikasikannya . Mungkin tidak semua orang bisa menggunakan teori belajar ini. Daya ingat seseorang tidak semuanya sama. Dan biasanya manusia itu memiliki short memory.  Namun, cara belajar tolman yang ini bisa saja bertahan lama jika dalam mencapai prosesnya pembelajaran yang sudah di dapat harus diulang-ulang agar bertahan lama di ingatan dan cara beljarnya bertambah hingga proses belajar tersebut bisa sampai pengaplikasian. Belajar merupakan proses penyesuaian diri terhadap lingkungan. Dan belajar itu berhasil jika ada tujuan dan berhasil jika tercapai dengan kematangan. Dimana ada kemauan belajar disitulah keberhasilan akan  tercapai.

Semoga bermanfaat ^_^

0 comments:

Post a Comment