Thursday 28 March 2013

Analisis Peranan Psikologi di Bidang IT


Assalamualaikum,
Saya Dina , mahasiswa Teknologi Informasi USU . Saya telah melakukan survey mengenai    “ Peranan  Psikologi di Dunia IT ”. Saya melakukan survey dari tanggal 27-28 Maret 2013. Sebelumnya saya mengucapkan Terima Kasih kepada seluruh responden yang telah mengisi survey yang saya buat. Saya mengambil judul tersebut dikarenakan ini merupakan tugas Psikologi, dan saya juga mahasiswa jurusan IT, sebaikanya saya membuat pertanyaan yang dianatara keduanya saling berkaitan . 
Survey ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara psikologi didalam IT itu sendiri  dan bagaimana seorang anak IT mengaplikasikan psikologi itu di bidang ITnya. Adapun beberapa pertanyaan saya ajukan sebagai berikut beserta jawaban dari mereka secara keseluruhan :

1. Menurut Anda Psikologi itu apa ? *
Jawaban:
Psikologi adalah ilmu kejiwaan , dimana ia mempelajari ingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari.

2. Apakah anda tertarik untuk mempelajarinya ? *
Jawaban :
80% dari responden mengatakan tertarik, dimana mereka tertarik karena mereka penasaran dengan psikologi itu sendiri dan bagaimana mereka  bisa mengenal diri mereka sendiri  serta  mengenal prilaku teman/ org sekitar mereka. Dan dengan mempelajari psikologi mereka mengatakan mereka bisa lebih menjaga hubungan sesamanya dengan lebih baik .
20% sisanya mengatakan tidak menarik dikarenakan mereka tidak terlalu suka teori dan mereka menganggap tidak penting bagi mereka.

3. Sekarang anda berada dijurusan Teknologi Informasi , Menurut anda pentingkah mempelajari Psikologi di jurusan ini ? *
Jawaban :
100% dari responden mengatakan penting, dimana psikologi menjadi bekal bagi mereka sebagai lulusan IT. Terutama dalam bidang pekerjaan mereka. Ketika mereka harus berhasil, maka terlebih dahulu mereka bisa mepelajari bagaimana client dari mereka itu bersikap dan kemauannya terhadap apa yang mau dibuatnya. Kemudian mereka juga mengatakan penting dikarenakan dalam bidang IT mereka di peruntukan untuk bertingkah laku baik. Dimana sekarang kecanggihan teknologi yang sudah sangat pesat, dengan mereka bertingkah laku baik, maka mereka akan pandai menempatkan dirinya.

4. Ingin Menjadi Apa setelah Tamat dari TI nantinya ? *
Jawaban :  

Manager IT 7 21%
Kerja Di Bank 5 15%
Akuntan        0 0%
Analisis System       11 33%
Other       10 30%


5. Dalam Hal Apa Anda dengan skill anda di bidang IT memakai ilmu psikologi itu ? *
Jawaban :
Hampir semua responden mengatakan mereka menggunakan skill ITnya dibidang webdeveloper , dimana mereka  membuat interface sebuah website untuk menarik perhatian pengunjung. Serta dalam hal memahami kemauan serta kebutuhan client terhadap sebuah aplikasi atau sistem yang diinginkan .



6. Sesuai pertanyaan diatas , berapa persenkah pentingnya belajar psikologi dijurusan anda ? *
Jawaban:  :


Persentasi responden terhadap pentingnya psikologi bagi jurusan IT sendiri. 30-45% mengatakan iyaaaa. Sesuai pernyataan mereka bahwa ada keterkaitannya dibidang ketika memasuki tahap pekerjaan . antara si client dengan si ahli IT.

7. Apa pendapat anda mengenai laman analisis yang anda baca ini ? *
Jawaban :
Responden mengatakan laman ini bagus dikarenakan dapat  mengetahui pendapat masing-masing orang tentang psikologi dan IT yang saling berhubunganya. Serta dapat lebih memahami apa manfaat psikologi dalam bidang IT dan menjadi bekal bagi mereka untuk menekuni bidang kerjaan nantinya .


8. Adakah keterkaitan laman ini dengan psikologi dan IT *
jawaban :


  ada 34 100%
        tidak 0 0%

 100% responden mengatakan ADA.

9. Apa alasan anda atas jawaban diatas *
Jawaban :
Alasan atas keterkaitan antara psikologi dgn IT dikarenakan terdapat banyak pertanyaan yang menjurus sebagai pertanyaan keterkaitan antara psikologi dengan IT itu sendiri. Dan mereka dapat mengetahui sejauh mana ilmu psikologi berkaitan dengan IT berdasarkan pertanyaaan- pertanyaan tersebut. Serta mereka menjawab keterkaitannya untuk memenuhi tugas Mata kuliah Psikologi. Serta mereka menjawab, dengan adanya analisis yang paperless ini, ITnya menggunakan elektronik dan pertanyaannya berhubungan dengan psikologi. Jadi terdapat keterkaitan antara keduanya.







Testimoni Survey Online :
           Dengan adanya survey ini, sangat memudahkan siapa saja dalam mengambil data untuk keterangan survey mereka. Selain paperless, survey online ini juga praktis cepat dan modern . seorang yang mengisi survey dapat mengisinya dimanapun berada tanpa harus bertatapan secara langsung. Survey online ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauhmana seorng mahasiswa itu mampu menempatkan peranan psikologi itu dalam bidang nya senidiri. 
             Disini saya mengambil kesimpulan bahwa semua mahasiswa IT sebagai responden saya mengatakan adanya peranan psikologi dalam bidang IT. Seperti penjelasan dari masing-masing jawaban mereka. Ilmu psikologi yang dipelajari tersebut sangat membantu mereka dalam menekuni bidang mereka nantinya. Bagaimana mereka mampu bersikap dan bertingkah laku dengan baik, bagaimana berkomunikasi dengan tepat, bagaimana menempatkan diri pada suatu teman baru diperusahaan., dan sebagainya. Semoga Ilmu yang dipelajari dalam mata kuliah psikologi ini menjadi bekal buat lulusan IT kedepannya . 

Jumlah responden : 34 orang
Data Responden : Mahasiswa TI USU





0 comments:

Post a Comment